Beranda | Artikel
Ahlussunnah Wajib Meyakini Tingginya Dzat Allah - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Jumat, 6 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Ahlussunnah Wajib Meyakini Tingginya Dzat Allah merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 04 Rabiul akhir 1439 H / 22 Desember 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Kebatilan Pentakwilan Sekte Jahmiyyah Tentang Istiwa – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Ahlussunnah Wajib Meyakini Tingginya Dzat Allah – Kitab Al-Ibanah

Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah, selain menyebutkan dalil-dalil didalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang ketinggian Allah di atas makhluknya. Bersamaan dengan itu, beliau membantah dan menjelaskan kebatilan hujjah atau argumentasi yang dijadikan oleh ahlul kalam untuk mengingkari sifat ketinggian tersebut.

Membantah keyakinan orang-orang yang mengatakan Allah berada dimana-mana. Atau Allah bertempat dimakhluknya atau juga Allah menyatu dengan makhluknya. Yang demikian itu adalah aqidah yang batil. Kekufuran yang bertentangan dengan aqidah kaum muslimin yang meyakini ketinggian Allah subhanahu wa ta’ala.

Suatu hal yang batil dan merupakan pernyataan yang kufur ketika ada yang mengatakan, “Allah menyatu dengan makhlukNya”. Maha Suci Allah dari aqidah wihdatul wujud. Oleh karena itu wajib bagi kita meyakini tingginya dzat Allah, itu adalah aqidah ahlussunnah wal jama’ah. Aqidah Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah, dan aqidah imam-imam sebelum beliau dan yang datang setelah beliau.

Ini merupakan perkara yang merupakan konsesus ahlussunnah dan aqidah yang telah terpatri dalam hati setiap manusia yang masih lurus fitrah dan hatinya. Karena hal ini perkara yang merupakan fitrah yang Allah ciptakan manusia diatas fitrah tersebut.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Ahlussunnah Wajib Meyakini Tingginya Dzat Allah – Kitab Al-Ibanah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30657-ahlussunnah-wajib-meyakini-tingginya-dzat-allah-kitab-al-ibanah-ustadz-dr-muhammad-nur-ihsan-m/